Thursday, January 2, 2014

Kemagnetan Bumi

Jika magnet batang dapat bergerak bebas, magnet tersebut cenderung menunjukkan arah utara-selatan kutub bumi. Ujung magnet yang mengarah ke kutub utara disebut kutub utara magnet bumi, sedang ujung magnet yang menunjuk ke arah selatan disebut kutub selatan magnet bumi. Hal ini menunjukkan bahwa ada medan magnet luar yang mempengaruhi arah magnet tersebut (termasuk jarum kompas). Medan magnet luar tersebut tidak lain adalah medang magnet yang berasal dari bumi. Jadi bumi adalah magnet, karena bumi memiliki medan magnet.


     Meskipun bentuk bumi mendekati bulat, namun bumi dianggap sebagai magnet batang dengan kutub utaranya di kutub selatan bumi dan kutub selatannya di kutub utara bumi.

a. Sudut Deklinasi,

Bila kita amati dengan cermat, jarum kompas tidak tepat menunjukan arah utara-selatan bumi. Akan tetapi, jarum kompas tersebut agak menyimpang dari arah utara-selatan kutub bumi. Sudut yang dibentuk oleh penyimpangan jarum kompas dengan arah utara-selatan kutub bumi tersebut disebut sudut deklinasi. Dengan adanya sudut deklinasi ini menunjukkan bahwa kutub bumi tidak berimpit dengan kutub magnet.

Sudut Deklinasi Positif dibentuk antara kutub utara jarum kompas menyimpang ke kanan dari kutub utara bumi, dan sudut deklinasi negatif bila jarum utara kompas menyimpang ke kiri dari kutub utara bumi.

b. Sudut Inklinasi   

Sudut deklinasi merupakan sudut yang dibentuk antara garis horizontal bumi dengan jarum kompas. Sudut Inklinasi positif adalah sudut antara garis horizontal dengan jarum utara kompas menyimpang ke bawah, sudut inklinasi negatif jika jarum utara kompas menyimpang ke atas terhadap garis horizontal bumi.


No comments:

Post a Comment